CodeIgniter 4 : Cara Menjalankan CodeIgniter 4 di Xampp atau Laragon

CodeIgniter 4 : Cara Menjalankan CodeIgniter 4 di Xampp atau Laragon

Sobatcoding.com - Cara Menjalankan CodeIgniter 4 di Xampp atau Laragon

Artikel kali ini akan membahas cara menjalankan codeIgniter 4 di xampp atau laragon. Sebelum kita mulai, pastikan teman-teman sudah install codeigniter 4 di PC masing-masing. Bila belum install teman-teman bisa install terlebih dahulu atau bisa baca artikel di bawah ini.

Tag: Laragon Codeigniter, Codeigniter Laragon

 

Baca juga : Cara Install Codeigniter 4 Melalui Composer atau Manual

 

Cara menjalankan codeigniter 4 ada sedikit perbedaan dengan cara menjalankan codeigniter 3 di xampp atau codigniter 3 di laragon. Ada perintah yang harus di jalankan agar codeigniter 4 bisa digunakan.

Sebelum itu kita copy terlebih dahulu file env yang ada di folder root, kemudian paste difolder yang sama kemudian rename menjadi .env. Buka file .env dan aktifkan beberapa variable kemudian ubah beberapa variable pada line berikut.

--------------------------------------------------------------------
# ENVIRONMENT
#--------------------------------------------------------------------

CI_ENVIRONMENT = development

#--------------------------------------------------------------------
# APP
#--------------------------------------------------------------------

app.baseURL = 'http://localhost/8080/'

Dengan mengubah CI_ENVIRONMENT ke mode development kita bisa menggunakan fitur debuging untuk membantu kita dalam development nantinya.

Untuk base url kalian bisa sesuaikan dengan keinginan kalian masing-masing. Port bisa kalian ubah ke 3000 atau 8000 asalkan port tersebut available tetapi untuk default mengarah ke port 8080.

Setelah proses setting selesai, pertama-tama kita masuk dulu ke folder yang telah terinstall codeigniter 4. Untuk teman-teman yang menggunakan xampp, silahkan masuk ke folder xampp/htdocs/ {folder codeigniter4}. Sedangkan yang menggunakan laragon untuk install codeigniter kita bisa masuk ke folder laragon/www/ {folder codeigniter4}. Setelah masuk ke folder yang telah terinstall codeigniter 4, ketikkan perintah seperti berikut.

php spark serve

Secara default server akan mengarah ke url http://localhost:8080. 

Bila port=8080 sudah ada yang menggunakan teman-teman bisa mengubah port sesuai dengan keinginan teman-teman. Contoh perintahnya seperti berikut .

php spark serve --port 8081

 

Sekian tutorial kali ini. Semoga bermanfaat.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau saran mengenai artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada form di bawah ini.